Posted on

Warga Jepang Serbu Tas Kulit Ular, Domba, dan Biawak buatan Indonesia

Warga Jepang Serbu Tas Kulit Ular, Domba, dan Biawak buatan Indonesia

Tempo. Warga Jepang Serbu Tas Kulit Ular, Domba, dan Biawak buatan Indonesia.

Saat ini para pelaku bisnis khususnya produk kulit hasil dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia sedikit bisa tersenyum lebar karena hasil usahanya tergolong diminati oleh warga Jepang.

Kepala Bagian Pengembangan Bisnis Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Astika Kasiro, di Jakarta, Sabtu (19 September 2015), mengatakan bahwa “Yang paling diminati adalah produk tas kulit ular, domba, dan biawak milik Fifi Collection”.Warga Jepang Serbu Tas Kulit Ular, Domba, dan Biawak buatan Indonesia

Produk UKM binaan LLP-KUKM dianggap mempunyai kualitas yang sangat tinggi dan sanggup bersaing dengan produk-produk luar negeri.  “Pelaku koperasi usaha kecil menengah binaan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM berhasil ‘berbicara’ di event terbesar AsiaSelain itu. Hal itu ditunjukan dengan banyaknya pembeli dari Jepang yang meminta informasi lebih detail tentang batik-batik dari Indonesia baik mengenai motif dan juga haraganya”.

Pada sebuah Event The 80th Tokyo International Gift Show 2015 menjadi pembuktian produk-produk kreatif Galeri UKM SMESCO menembus pasar global. Bebrapa kali LLP-KUKM memboyong UKM binaan untuk memasarkan dan memromosikan produk di event internasional. The 80th Tokyo International Gift Show 2015 merupakan pameran ke-80 yang diselenggarakan Bussinee Guide-SHA, Inc.

Pada kesempatan Event kali ini LLP-KUKM memboyong lima KUKM mitra sebagai peserta pameran dan membawa 2.730 produk dari delapan KUKM binaan LLP-KUKM. Event di Tokyo Big Sight yang merupakan tempat pameran terbesar di Jepang itu berlokasi di pusat bisnis Tokyo.

KUKM mitra yang ikut adalah:

  1. Pernak-Pernikku Keramik,
  2. Glams Bag,
  3. Fifi Collection,
  4. Poes Craft, dan
  5. Rumah Betawi.

Selain itu juga membawa tiga KUKM mitra, yaitu,

  1. Sulam Rahmi,
  2. Lombok NTB Pearl, dan
  3. O’Bali.

Menurut Bagus, selain kegiatan pameran, LLP-KUKM melakukan pertemuan dengan atase perdagangan Tokyo untuk membahas perdagangan luar negeri. LLP-KUKM pun melakukan ‘business matching’ dengan beberapa buyers potensial yang melakukan kontak sebelum pameran berlangsung.

Negara peserta masing-masing:

  1. Australia,
  2. Austria,
  3. Kamboja,
  4. Iran,
  5. Indonesia,
  6. India,
  7. Turki,
  8. Hongkong,
  9. Jepang,
  10. Lithuania,
  11. Tiongkok,
  12. Italia,
  13. Monaco,
  14. Taiwan,
  15. Thailand,
  16. Vietnam,
  17. Korea Selatan,
  18. Inggeris dan
  19. Jerman

Pameran tersebut didukung pemerintah Jepang dan hampir seluruh asosiasi perdagangan di Jepang. The Japan Chamber of Commerce and Industry (KADIN) Jepang, Japan External Trade Organization (JETRO), serta hampir seluruh kedutaan negara yang ada berpartisipasi termasuk KBRI Tokyo.

Pameran yang berlangsung awal September itu diikuti 2.416 peserta dari 19 negara dan dikunjungi sekitar 200 ribu visitors. Event tersebut juga merupakan pameran gift show yang paling ditunggu pasar Jepang dan dunia.

Warga Jepang Serbu Tas Kulit Ular, Domba, dan Biawak buatan Indonesia.

tombol klik disini

GBO Makara Etnik Savalas

GBO Makara Etnik Curve

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *